Iklan Billboard 970x250

✓ 20+ Cara Memperbaiki HP sering MATI Sendiri

✓ 20+ Cara Memperbaiki HP sering MATI Sendiri

Poin Utama [Tampil]


Garetech.com -  Pernahkah kamu suatu ketika lagi santai dan asik-asiknya main game, atau sedang ketawa-ketiwi liat video di youtube, atau lagi ngestalk sosmed gebetan tapi tiba-tiba malapetaka pun menghampiri dengan MATI nya Hp kamu secara mendadak alias tanpa kamu tekan tombol power sama sekali.

Sepertinya masalah seperti ini tidak sedikit ditemukan pada hp samsung, asus, oppo, xiaomi dan juga tentu merek yang lainnya. Umumnya hal tersebut karena ada kerusakan pada komponen atau sistem sehingga bisa mengakibatkan hp mati sendiri kalau nggak ya restart sendiri.

Hal begini sudah menjadi momok yang menakutkan apalagi jika kamu tidak mengerti dan paham betul teknologi smartphone masakini. Oleh karena itu mari kita sama-sama kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab sering terjadinya Mati kalau nggak Restart nya hp secara mendadak.
Walaupun tidak sering terjadi, sekali duakali kan pastinya bikin kesel, hehehe...

Langsung saja kita ketahui apa yang menjadi penyebab hp mati sendiri atau paling nggak restart sendiri pada saat sedang digunakan main game, atau sosmedan.


Penyebab Hp Mati Sendiri

1. Banyak Berkas Sampah / Junk Files

Hal seperti ini bisa juga menjadi akibat dari mati secara tiba-tiba pada hp kamu.
 Bagaimana mungkin bisa? Yaa karena kalau berkas sampah atau yang disebut dengan istilah cache ini sudah memenuhi RAM pastinya kinerja Smartphone akan terhambat, sehingga sistem tidak bisa bekerja dan memaksa untuk melakukan pembersihan secara Paksa pada cache aplikasi itu. Dan akhirnya sistem hp memberikan sinyal untuk segera mematikan atau me-restart hp secara tiba-tiba.


2. Sistem Baterai Error

Sistem yang error pada baterai ini bisa berakibat juga pada kasus seperti ini, halini menyebabkan ketidaksinkronan yang terjadi antara baterai dengan sistem hp. Misalnya saja apabila indikator masih menunjukkan 10% namun pada kenyataannya kondisi baterai itu sudah habis sampai 0% maka akan terjadi mati nya hp secara tiba-tiba.


3. Kesalahan Sistem

Ini yang masih ragu dan susah untuk menerka apa yang menjadi gejalanya, kesalahan pada sistem hp juga bisa mengakibatkan hp mati sendiri ini, dan juga susah untuk mengatasinya. Biasanya jika kesalahan pada sistem bisa ditandai dengan lemot nya kinerja hp.

4. Baterai Sudah Rusak

Baterai yang sudah rusak bahkan bisa dibilang sudah tidak layak lagi untuk dipakai mungkin karena ada yang bocor pada fisik baterai itu sendiri, sehingga baterai gampang drop dan mengakibatkan sistem hp mati sendiri.

5. Akibat Root Sistem

Mungkin kamu pernah melakukan root pada hp kamu?
Jika belum abaikan saja daftar yang ini. Memang sih kalau di root itu bisa bebas mengakses aplikasi, tapi ini dia salah satu kekurangannya apabila sudah terjadi error akan berakibat fatal, hal ini bisa mengakibatkan sistem hp mati sendiri.

6. Mengalami Overheat

Overheat atau panas berlebih pada Hp bisa juga mengakibatkan hp mati sendiri karena sistem bekerja terlalu keras sehingga memilih untuk mematikan daya agar tidak terjadi kerusakan.


7. Aplikasi tidak Kompatibel

Memaksa aplikasi agar bisa dijalankan pada hp padahal tidak cocok dengan spesifikasi yang diminta oleh aplikasi, misalnya kamu meng-install game yang tidak sesuai dengan kemampuan GPU hp kamu, maka sistem akan mengalami overload dan mengakibatkan hp mati.


8. Pemakaian HP sudah Lama

Kebanyakan dari kasus hp mati sendiri ini memang karena usia pemakaiannya sudah tergolong lama, jika sudah diatas 3 tahun bisa terjadi hal seperti ini.

Karena komponen yang terdapat pada HP juga otomatis sudah menurun kualitasnya dan sangat rentan terkena kerusakan, baik itu sistem atau komponen baterai itu sendiri.


9. Terkena Virus atau Malware

Kalau yang satu ini bisa menjadi akibat karena virus itu susah terdeteksi apabila tidak menggunakan software khusus untuk menemukannya.

Malware bisa mengakibatkan hp mati sendiri lebih tak terduga, karena pada HP baru oun bisa terjadi, makanya kamu jangan sembarangan mengunjungi atau mendownload apapun dari situs yang tidak jelas.



10. Lainnya

Untuk penyebab yang lainnya bisa jadi dari longgarnya nya baterai dengan konektor hp, dan apabila digoyang sedikin saja hp akan mati, itu yang saya alami sendiri.
Dan bisa saja ada kerusakan pada IC baterai dan konektornya.

hp sering mati dan restart tiba-tiba

Cara mengatasi Hp suka mati sendiri

Sebenarnya penyebab utamanya hanya ada 2 kemungkinan. Pertama karena sistemnya ada yang error, kedua emang karena komponen yang menyangkut baterai itu sendiri yang sudah rusak.

Berikut banyak cara yang bisa kita lakukan agar hp tidak mati sendiri lagi.


1. Lakukan pembersihan berkas sampah


hp sering restart dan mati sendiri

Tidak salahnya kamu coba terlebih dahulu untuk menghapus berkas sampah atau cache yang dihasilkan dari berbagai log aktivitas aplikasi, baik itu yang terinstall atau aplikasi bawaannya.

Untuk menghapus berkas sampah sendiri sangat mudah dilakukan, silahkan lakukan dengan intensif dan terjadwal.

Kamu bisa membersihkan sampah dengan sangat mudah melalui 3 cara, yaitu...

Pertama : Untuk membersihkan semua data sampah pada hp pergi ke Pengaturan, >> lalu pilih Penyimpanan, kemudian tekan Data Cached, setelah itu akan muncul pop up pertanyaan apakah kamu ingin membersihkan sampah cache? Tekan OK untuk menghapusnya.

Kedua : Menghapus data cache aplikasi satu persatu, pertama masuk ke menu Pengaturan >> lalu pilih pengaturan Aplikasi, >> cari dan pilih aplikasi yang akan dibersihkan >> pilih clear cache.

Ketiga : Menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai pembersih sampah, jika kamu menggunakan hp Xiaomi, pastinya fitur pembersih sudah tersedia di aplikasi Keamanan. Tetapi jika kamu menggunakan hp Samsung, Asus, Oppo dan yang lainnya ada baiknya kamu membaca √10 aplikasi pembersih terbaik 2019.

Cara diatas biasanya masalah hp yang mati sendiri bisa teratasi. Oh ya, lakukanlah pembersihan secara berkala agar sampah tidak terlalu menumpuk dan mengakibatkan overload lagi.


2. Coba Kalibrasi Baterai jika sistem baterai Error

hp sering mati tiba-tiba


Seperti pada penjelasan penyebab hp mati sendiri diatas, masalah pada status baterai ya,ng error bisa ditandai dengan gejala persentase palsu.

Kok bisa? Iyalah, coba pernahkah hp kamu mengalami diasaat status baterai masih posisi misalnya 60% lalu kamu matikan dan hidupkan lagi, dari yang tadinya 60% malah turun drastis ke angka 12%!!!

Itu tandanya sistem status baterai benar-benar mengalami masalah, cara yang paling tepat hanya melakukan Kalibrasi Status Baterai.

Ada cara cepat yang saya temukan, silahkan lakukan kalibrasi baterai dengan cara berikut ini :


  • Pertama Download dan pasang aplikasi Battery Calibration di Google Playstore,
  • Lalu buka aplikasinya,
  • Kemudian Cas baterai hingga full 100%
  • Kalau sudah full 100% jangan dicabut dulu chargernya, lakukan kalibrasi dulu pada aplikasi tadi.
  • Baru setelah itu silahkan cabut chargernya.

Dengan cara di atas, baterai akan tersinkronisasi antara sistem baterai dan status kondisi real time baterainya.

Memang sangat jarang sekali kasus status baterai error ini, karena penyebabnya juga bisa dari berbagai macam, contohnya karena kamu melakukan Root pada sistem hp, atau memakai Custom ROM, dan masih banyak lagi penyebab yang lainnya.
Untuk secara lengkapnya ada baiknya kamu baca Cara Kalibrasi Baterai dan Penyebab Baterai Error.


3. Perbaikan untuk Sistem yang Crash


Maksudnya sistem disini ialah ROM yang dipasang pada hp, memang kalau ada sedikit masalah saja pada ROM hp apakah itu suatu bug atau karena virus pasti akan berakibat fatal.

Secara kasarnya jika ada suatu keganjilan yang terjadi pada rom, pastinya akan ada penyakit pada hp kamu.
Memang sekitar sekian persen masalah pada ponsel Android bisa terjadi akibat kesalahan rom itu sendiri.

Penyebab dari sistem rom yang error sendiri cukup jelas, berikut saya kasih uraian di bawah ini :

Custom ROM, ROM itu tidak busa sembarangan diganti dengan versi yang berbeda dari bawaan pabriknya, jika versi ROM tidak kompatibel tentunya akan menyebabkan banyak kesalahan pada sistem operasinya, makanya kalau kamu mau ubah rom harus pikir dua kali dulu. Jangan asal rom nya bagus saja.

Atau penyebab lainnya memang karena HP kamu sudah tua  sekitar 2 sampai 3 tahun lah, yang sudah digunakan ngapain aja, apalagi kalo sering dipakai buat donlot ke situs lendir, heheh... 

Oke langsung saja, dengan cara ini 90% kamu bisa mengatasi masalah pada sistem ROM nya deh.

Original ROM : bagi kamu yang sudah terlanjur memakai custom rom lebih baik ganti lagi saja ke rom bawaannya hp.

Update Sistem : Biasanya kalau kamu menggunakan HP zaman now sudah tersedia fitur update otomatis dan diberi notifikasi dari sistem bahwa tersedia pembaruan pada sistem itu sendiri.

Rollback Sistem : kalau rollback ini beda dengan downdate atau update, jadi kalau kamu tadinya diposisi satu berpindah ke posisi 2, lalu kamu pindah lagi ke posisi 1. Seperti itulah kira-kira istilahnya, paham kan? Bagus.

Factory Reset : jurus jitu untuk mengatasi masalah sistem bisa dilakukan dengan setel ulang ke versi pabrik. Banyak yang sudah terbukti ampuh.


4. Pernah melakukan Root Android? Lakukan Cara ini


Hayo, tentunya kamu melakukan root android ini bukan tanpa alasan kan? Sekarang sudah terasa kan jika kamu melakukan root itu akan berakibat pada kinerja sistem rom nya.

Memang kalau kita melakukan root pada Android, kita akan bebas memasang aplikasi apa saja sesuai kebutuhan kita, namun efeknya sangat rawan karena semua akses sudah diserahkan dan diperbolehkan oleh sistemnya.

Makanya banyak HP Android yang sudah di-root sistem keamanannya menjadi menurun dan rawan sekali terkena error atau virus.

Ada baiknya kamu lakukan penghapusan akses root HP kamu, dengan melakukan un-root ini sistem HP kamu tidak akan seenaknya menjalankan tugas, dan akan terkontrol oleh sistem rom nya.

5. Umur HP sudah lama dipakai? Lakukan ini.

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa semakin tua HP maka semakin rentan komponen atau sistem terkena kerusakan.

Dalam kasus HP mati sendiri ini, komponen yang dimaksud itu berupa baterai dan komponen lainnya yang menyangkut daya HP.

Lalu apakah harus di Lem Biru (Lempar, Beli yg Baru)!??
Ya tidak juga sih, kecuali emang kamu sudah bosan. Lebih baik ganti aja.

Kalau mau perbaikan hanya cukup mengganti komponen baterai itu sendiri dan melakukan reset ke pengaturan awal, karena sudah pasti sampah cache menumpuk dan mengakibatkan macet pada sistem.

6. Mengatasi HP yang suka Panas

Ada yang bilang kalau hp cepat panas itu tandanya fitur untuk mengingatkan bahwa terlalu lama main hp sehingga lupa ibadah makin dekat dengan neraka, hahaha.. 
Becanda dikit guys.

Sebenarnya kalau dijelaskan secara panjang lebar, nantinya artikel ini terlalu panjang.

Sedikit tips untuk menghilangkan panas pada HP adalah dengan mematikan hp, dan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Untuk Secara lengkap dan efisien kamu bisa membaca artikel Meredakan Panas pada HP.


7. Scan Menggunakan Antivirus

Untuk melakukan scan ini tidak perlu repot-repot, kamu cukup menginstal aplikasi antivirus yang terbaik dan efektif untuk menangkal dan menghapus virus yang telah menjangkiti HP kamu.

Kok bisa virus penyebabnya? Ya jelas sekali bisa lah, Karena virus suka berjalan tanpa sistem mendeteksi, dimana 

Untuk selanjutnya silhkan lakukan scan secara berkala dan hindari mengunjungi situs-situs tidak jelas seperti situs lendir, situs download software bajakan dan situs download lainnya.


8. Copot Aplikasi yang tidak Kompatibel

Nah, kalau yang satu ini bisa diakibatkan dari gagalnya proses berjalan suatu aplikasi.

Jujur saja saya pernah kejadian seperti ini, ketika itu saya ngebet banget pengen main game yang seru. Tapi apalah daya jika spesifikasi HP dengan request minum kinerja dari Game tak dapat dipaksakan.

Akibatnya pada saat menjalankan game tersebut malang terjadi ngelag dan tiba-tiba saja mati sendiri.

Solusinya lebih baik un install saja aplikasi atau game yang berat ini.



9. Mengganti Baterai

Salah satu fokus terhadap masalah ini besar kemungkinan akan rusaknya baterai pada HP.

Bisa ditandai dengan errornya status baterai, dan juga gampang ngedrop.
Silahkan kamu coba terlebih dahulu untuk menukar baterai dengan yang lain, asalkan cocok.


10. Coba untuk Perbaiki Komponen

Komponen yang dimaksud disini adalah berupa kuningan yang menempel pada hp, pastikan jangan kendur dan baterai tertempel dengan erat.

Jika terjadi kendur silahkan ganjal saja menggunakan kertas agar bisa menempel sempurna.
Tetapi jika baterai tanam tidak perlu melakukan cara diatas.




Kesimpulan

Mungkin masalah ini bisa dibilang cukup serius, jika kamu salah-salah dalam cara memperbaikinya, bisa mengakibatkan mati total.

Kasus seperti ini bisa terjadi pada merek hp apapun, seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo, Lenovo, Smartfren, dan banyak lagi yang lainnya.

Namun jika cara diatas masih belum bisa diatasi oleh Kamu sendiri, lebih baik menggunakan jasa servis HP yang terdekat saja.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi HP mati sendiri ini, semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga
SHARE
Garetek
Duh Gusti...
Subscribe to get free updates

Related Posts

4 komentar

  1. Anonim17/8/19

    Pas banget , hp Saya batre bermasalah, baru 30% hp mati, makasih ya Bermanfaat ngt artikelnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post