Iklan Billboard 970x250

✓22+ Penyebab & Cara Mengatasi Handphone cepat Panas

✓22+ Penyebab & Cara Mengatasi Handphone cepat Panas

Poin Utama [Tampil]
Garetech.com - Masih ingat dengan materi Perpindahan Kalor yang ada di mata pelajaran Fisika? Ya kali ini kita akan membahas sedikit perpindahan panas yang kita ketahui ada 3 macam, yaitu konduksi, konveksi dan radiasi.

Tetapi bukan teori fisika nya yang akan kita bahas, tapi hal ini tentang bagaimana HP kita bisa mengalami cepat panas.

Mengesalkan bukan? Tentu saja.
Pengalaman saya pribadi pada saat menggunakan HP yang cepat panas itu ketika bermain game, dan menggunakan HP yang sedang di cas. Hal ini bisa berakibat pada kerusakan baterai nantinya, bagaimana mungkin? Silahkan kamu amati, ketika HP mengalami panas berlebihan atau overheat baterai akan cepat habis alias boros kan.

Sebelum membahas cara mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis, lebih baik kita ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi faktor penyebab dari hp cepat panas ini, silahkan kamu simak dan cocokan mana yang menurut kamu sesuai dengan kondisi kamu.


Penyebab HP cepat panas

Dalam membahas faktor penyebab hp cepat panas ini bisa kita kategorikan dalam 2 faktor, yang pertama faktor internal (pada HP itu sendiri) dan yang kedua faktor eksternal (faktor lingkungan atau perangkat lain).

penyebab dan mengatasi handphone cepat panas

1. Menggunakan HP saat sedang di charge

Yang paling sering terjadi dan tak dihiraukan oleh pengguna smartphone ini ketika HP sedang di cas, mereka malah menggunakan HP dengan santainya.
Padahal hal seperti ini bisa berakibat buruk pada kesehatan HP itu sendiri dan juga kesehatan baterainya.
Karena pada saat sedang mengisi daya, seharusnya baterai bisa istirahat agar cepat kembali terisi daya. Nah, kalau HP ini kita gunakan sambil mengisi daya pantas saja cepat panas, karena selain mengisi, baterai ini juga mengeluarkan daya.
Efek buruknya baterai jadi lama penuh dan ketika sudah full, baterai HP akan cepat panas dan terasa cepat habis alias boros.

2. Terlalu Lama Bermain Game

Wah, kalau yang satu ini bagi kamu yang Maniak Game yah.
Bermain game yang cukup lama ini sangat berat untuk kinerja GPU ya, dan sangat berefek pada hp cepat panas dan baterai juga cepat habis loh.

Apalagi game yang kamu mainkan itu game yang tergolong cukup berat dan hanya dimainkan secara online, contohnya seperti PUBG, Mobile Legend, Free Fire dan yang lainnya.

Sewajarnya jika bermain game paling lama itu 1-2 jam juga cukup. Setalah itu biarkan HP kamu beristirahat, dengan begitu baterai akan terasa awet dan tidak mudah boros.


3. Nonton di aplikasi Streaming terlalu lama

Selain bermain game, aplikasi streaming juga akan membuat HP kamu terasa panas.
Loh kok bisa? Coba kamu pikir, berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk nonton video di YouTube.

Mungkin kamu sering nonton film atau drama serial di aplikasi streaming seperti Netfilx, Viu dan Hooq?

Hal seperti ini bisa mengakibatkan HP cepat panas dan baterai cepat habis, karena dalam streaming video itu membutuhkan koneksi internet yang stabil, dan sinyal yang stabil juga membutuhkan kinerja sistem yang lebih tinggi, itulah faktor penyebab nya.


4. Terlalu Banyak Multitasking

Multitasking adalah istilah untuk perangkat yang mengerjakan tugas dengan cara bersamaan.
Yah secara singkatnya, kamu membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan tanpa menutup salah satu aplikasi yang tidak digunakan itu.

Hal ini tentunya bakal banyak menggunakan memori sementara, dan memori itu bekerja terlalu berat sehingga menimbulkan panas pada hp.


5. Ada Pengaturan yang tidak optimal

Jika salah-salah dalam mengaktifkan pengaturan, handphone kamu tentunya akan terasa cepat panas, dan bisa berakibat oada borosnya baterai.
Sebelumnya silahkan kamu cek apakah ada pengaturan telepon yang tidak kamu inginkan dan kurang efisien dalam memakainya.

Seperti pengaturan kecerahan layar mungkin saja terlalu terang, atau pengaturan live wallpaper yang bisa berjalan di latar belakang membuat baterai cepat habis, dan pengaturan lainnya.


6. Menyalakan WiFi, Hotspot, GPS atau Bluetooth Terus Menerus

Silahkan kamu cek penggunaan WiFi atau Hotspot kamu, apakah benar-benar lama? Jika iya pantas saja handphone kamu mengalami panas yang berlebihan.

Atau banyak orang yang sering abaikan itu mengenai Bluetooth dan GPS yang terus menyala meskipun sedang tidak ia gunakan.

Fitur seperti ini jika dibiarkan terus menyala tentunya menggunakan prosesor untuk menjalankannya, hal inilah yang membuat HP cepat panas dan baterai tak terasa cepat habis.


7. Berkas Sampah Menumpuk, Memori Penuh

Jika HP kamu memang jarang dibersihkan dari berkas sampah, tentunya lama kelamaan akan memenuhi ruang penyimpanan.

Berkas sampah inu ditimbulkan dari penggunaan aplikasi yang menyimpan data melalui memori sementara, secara singkatnya cache ya.

Makanya kamu harus perhatikan juga setiap data yang dihasilkan aplikasi, biasanya yang menghasilkan banyak sampah itu aplikasi sosial media dan browser.

Hal inilah tanpa disadari bisa menimbulkan notifikasi yang sangat dibenci yaitu 'ruang penyimpanan hampir habis' meskipun kamu tidak merasa menyimpan berkas yang ukurannya besar seperti game atau film.

Jika dibiarkan memori penuh begitu saja, handphone kamu bakalan cepat panas dan baterai juga cepat habis.


8. Lingkungan Yang Panas

Dalam hal ini, faktor eksternal lainnya yang sangat berpengaruh terhadap handphone yang cepat panas salah satunya adalah lingkungan.

Silahkan kamu amati, kapan saja biasanya handphone kamu mulai terasa panas dan sedang dilingkungan yang bagaimana.

Apalagi jika kamu beraktivitas diluar seperti kang ojol, handphone nya pasti gampang panas karena digunakan diluar ruangan dan cuaca yang terik.

Terlebih jika handphone kamu terkena radiasi sinar matahari secara langsung plus kecerahan layar sangat terang. 
Uhh angetnya bukan maen... :v


9. Kondisi Baterai dan Charger kurang Baik

Pada handphone yang sudah menggunakan baterai tanam mungkin hal ini sangat kecil kemungkinannya terjadi.

Tapi jika kamu masih menggunakan handphone yang baterainya masih bisa dicopot, lebih baik periksa kondisi baterai dan cek apakah original atau tidak.
Dan juga gunakan charger yang original supaya daya yang masuk juga sesuai dengan kebutuhan baterai.

Hal seperti ini bisa mengakibatkan handphone cepat panas dan pantas saja baterai juga cepat habis.

10. Handphone Terkena Air atau Debu

Dua hal yang harus kamu perhatikan, bahwa lingkungan memang berpengaruh terhadap kondisi suhu baterai.

Air dan debu juga merupakan salah satu penyebab HP cepat panas, hal ini dikarenakan sirkulasi udara yang masuk ke HP tidak lancar dan terhambat.


11. Menghidupkan Paket Data

Paket data juga bisa mengakibatkan hp kamu menjadi cepat panas, hal seperti ini memang biasa digunakan, tetapi saran saya apabila tidak digunakan lebih baik matikan saja akses data internet nya.


12. Ada Virus atau Malware

Hal seperti inilah yang paling banyak tidak diketahui. Bagaimana bisa virus menyebabkan HP cepat panas?

Hal ini dikarenakan virus bekerja dibelakang layar dan yang sangat ditakuti itu virus memuat banyak perintah didalamnya, sehingga prosesor terasa berat dan terbebani oleh si virus tadi.
Makanya HP kamu gampang panas dan baterai pun akan cepat habis.




Setelah mengetahui penyebab dari HP cepat panas ini, sekarang kita bisa kategorikan lagi dalam cara mengatasi masalah ini.

Seperti penjelasan di atas, saya akan mengelompokkan dalam dua kategori yaitu cara mengatasi dengan praktek langsung ke HP kamu dan secara tidak langsung atau ruang lingkup.


Mengatasi Handphone Cepat Panas


1. Jangan Menggunakan Hp ketika sedang di Charge

mengatasi hp cepat panas


Coba anda rasakan sendiri efeknya secara Langsung, jangan gunakan handphone kamu ketika sedang di charge.

Hasilnya akan jauh berbeda dan lebih adem ketimbang kamu gunakan ketika sedang di charge. Dengan begitu saya jamin HP yang cepat panas akan teratasi.

Jika kamu tetap bersikeras untuk memakainya, hal ini bisa berefek negatif terhadap baterai HP kamu. Nantinya akan mudah rusak seperti kembung, atau di charge teteapi malah berkurang dan bahkan lebih buruknya bisa meledak itu HP.


2. Batas Waktu untuk Istirahatkan Handphone

hp panas sekali


Untuk kamu yang terlalu Savage dalam main handphone, cobalah untuk menggunakan HP itu dengan terjadwal.
Jangan terlalu terus menerus main HP, nantinya baterai tidak akan awet.

Saya sarankan gunakan handphone kamu untuk main game ataupun nonton film hanya 1-2 jam saja, itupun sudah cukup.


3. Hentikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

mengatasi hp panas


Kalau yang satu ini tidak banyak orang tahu bahwa ada saja aplikasi yang nakal.
Nakal bagaimana? Ya maksudnya aplikasi yang berjalan di belakang layar gitu loh.

Cobalah untuk menutup aplikasi yang memakan banyak prosesor dan memori tetapi tidak kamu gunakan.

Silahkan pergi ke pengaturan aplikasi, dan lihat setiap aplikasi mana yang memakai banyak memori, lalau cobalah untuk paksa berhenti .


4. Atur Ulang Pengaturan


Maksudnya jangan dulu reset ke pengaturan pabrik, tetapi lihat dulu mana yang menurut kamu bisa memakan banyak memori dan prosesor.

Saya sarankan untuk menonaktifkan fungsi live wallpaper atau wallpaper bergilir. Dan juga gunakan pengaturan kecerahan layar secara otomatis saja, agar bisa menyesuaikan dengan keadaan ruangan.


5. Matikan Fitur yang Tidak Perlu

hp gampang panas


Banyak yang tidak sadar dengan bar notifikasi bahwa disitu ditampilkan fitur yang aktif.
Kebanyakan orang tak sadar pemicu hp cepat panas juga ini salah satu faktornya.

Oleh karena itu, silahkan matikan saja bluetooth, GPS, dan apapun itu fitur perangkat yang tidak kamu gunakan lebih baik matikan saja, dengan begini dijamin hp tidak akan cepat panas.


6. Bersihkan Memori dari Sampah

hp cepat panas dan baterai cepat habis


Sudah kuduga, kamu harus segera membersihkan memori dari segala berkas sampah, yang umumnya terbentuk akibat riwayat atau log suatu aktivitas dari aplikasi.

Caranya sangat mudah, jika kamu pakai HP Xiaomi, biasanya  sudah ada fitur pembersih pada aplikasi Pengaman. Namun jika untuk HP Samsung silahkan buka menu pengaturan, lalu pilih penyimpanan, tekan pada Data Cached, Lalu pilih OK untuk menghapus semua sampah.

Cara diatas tidak dapat dilakukan pada semua merek handphone, jika tidak ada fitur bawaan lebih baik kamu baca juga 10 aplikasi pembersih sampah dan RAM terbaik.


7. Hindari Sinar Matahari Langsung

Lebih baik lagi jika kamu tidak menggunakan handphone atau tidak digunakan sekalipun hindari dari sinar matahari secara langsung.

Masih ingat radiasi? Ya perpindahan panas secara langsung tanpa media apapun.
Makanya agat hp tidak cepat panas, sebisa mungkin hindari sinar matahari secara langsung ini.


8. Gunakan Charger dan Baterai Original

handphone cepat panas


Baterai yang original pastinya tidak akan memberikan masalah pada sistem HP kamu, itupun kalau hp kamu yang bukan tipe baterai tanam ya.
Kalau HP kamu yang pakai baterai tanam sih gak masalah.

Hanya saja saya sarankan untuk menggunakan charger yang original, paling tidak yang sesuai mereknya dengan HP kamu.


9. Bersihkan dari Debu dan Jauhkan dari Air



Cobalah untuk bersihkan handphone kamu dari debu, agar ventilasi udara tidak terhambat dan bisa mendinginkan prosesor lebih efektif.

Dan juga jangan gunakan handphone kamu ketika ketumpahan air, apalagi didalam kolam ya.


10. Copot dan Jangan Gunakan Penghemat Baterai

baterai cepat panas


Saya yakin dari sekian banyak artikel yang kamu baca di Google, pasti menyarankan agar menggunakan aplikasi penghemat baterai lah, cooler processor lah, dan sebagainya.

Saya rasa aplikasi tersebut tidak efektif, yang ada hanya menambah baterai hp kamu menjadi panas, ini pengalaman saya.
Setelah saya hapus itu aplikasi penghemat baterai, masalah HP cepat panas dapat teratasi.

Untuk handphone yang zaman now, pastinya sudah ada fitur bawaan penghemat baterai. Jangan diaktifkan dulu untuk fitur yang satu ini.


11. Scan dan Proteksi Menggunakan Antivirus

Untuk penanganan lebih lanjut, silahkan pindai apakah ada virus pada sistem handphone kamu.
Gunakan antivirus secara berkala dan hapus jika ada virus yang menempel di sistem handphone kamu.






Kesimpulan :

Masalah seperti ini biasanya bukan hanya terjadi pada handphone yang sudah tua saja, baik itu Samsung galaxy, Asus, Xiaomi, Lenovo, Oppo, dan masih banyak HP China yang lainnya.

Sebenarnya untuk masalah Hp cepat panas dan baterai cepat habis ini sangat mudah diatasi, apabila tidak ada kerusakan pada sistem dan perangkat prosesor handphone.

Sebenarnya, jangan gunakan handphone kamu saat sedang di isi daya, dan tutup aplikasi yang tidak digunakan juga sudah cukup. Adapun faktor lain yaitu lingkungan yang pamas juga mempengaruhi kondisi handphone kamu.

Lakukanlah tips diatas agar benar-benar dapat teratasi, namun apabila masih belum teratasi mohon kesediaannya untuk berkomentar.
Terimakasih semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

2 komentar

  1. Ternyata banyak banget ya penyebabnya.
    Thanks mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibagikan apabila bermanfaat mas :)

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post