Iklan Billboard 970x250

Cara Mengatasi Komputer tidak Bisa Booting

Cara Mengatasi Komputer tidak Bisa Booting

Poin Utama [Tampil]



ESAPRO - Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman kepada anda mengenai permasalahan atau troubleshooting yang pernah teman saya alami, sesuai judul pada artikel ini saya akan bahas mengenai cara mengatasi komputer atau laptop yang tidak bisa booting.



Namun sebelum anda ingin menyelesaikan masalah ini lebih baik anda kenalan dulu dengan yang namanya booting, ini sangat penting agar anda paham betul setiap istilah yang ada di dunia komputer.

Apa Itu Booting?

Booting adalah sebuah proses dimana sistem komputer menyala sebelum menjalankan sistem operasi yang ada di dalamnya. Pada sesi ini peranan booting di pegang oleh BIOS (Basic Input Output System) sebagai program pengatur perangkat masukan dan keluaran, informasi kesehatan sebuah komputer, mengatur waktu pada komputer dan juga sebagai pengatur Booting Device. Disinilah peranan penting BIOS sebagai penghantar antara sistem operasi dengan sistem komputer ketika saat pertama kali dinyalakan, proses itulah yang kita sebut dengan istilah Booting pada komputer.

Sedikit berbagi pengalaman, ketika saya dan teman – teman ada ujian uas dikarenakan sekolah kami berbasis IT jadi ujian uas saja dikerjakan online, namun pada pagi sebelum mengerjakan uas teman saya sangat bingung dan terheran heran, kenapa laptop dia tidak bisa masuk ke windows 7 dan hanya mentok di posisi logo merek laptopnya. Seketika teman saya panik dan juga jengkel karena posisi yang sangat penting laptop dia malah mengalami masalah tidak bisa booting ini.

Dari pengertian dan juga sedikit cerita pengalaman saya sampai disini sudah paham kan? Tidak bisa Booting ataupun tidak bisa masuk ke sistem operasi dan hanya berhenti pada logo laptop merupakan permasalahan yang sangat menjengkelkan bukan, oke sekarang kita harus ketahui terlebih dahulu apa penyebeb dari tidak bisa booting atau tidak bisa masuk ke sistem operasi ini.
Langsung saja kita ketahui dahulu penyebab permasalahan tidak bisa booting berikut ini.

Penyebab Tidak Bisa Booting

Sebenarnya masalah tidak bisa booting atau gagal masuk ke sistem operasi ini terdapat 2 kemungkinan komponen utama yaitu perangkat lunak (software) dan juga perangkat keras (Hardware) dari komputer atau laptop anda, namun lebih rinci lagi inilah penyebab yang saya temukan berdasarkan pengalaman saya :

1. BIOS Mengalami Masalah / Error
Sudah kita bahas diatas tadi bahwa BIOS merupakan perangkat lunak yang mengambil peranan terhadap proses  Booting tersebut. Jadi kemungkinan pertama dari masalah tidak bisa masuk ke sistem  operasi atau yang sering disebut dengan istilah ‘tidak bisa booting’ ini adalah BIOS. Karena medium yang mengantarkan proses Booting ini adalah perangkat lunak BIOS, jadi besar kemungkinan BIOS yang ada pada komputer atau laptop anda mengalami Eror atau sedikit masalah.

2. Hardisk Terdapat Kerusakan
Hardisk merupakan komponen terpenting karena disitulah menetapnya sistem operasi, jika komputer anda tidak bisa booting atau hanya stop di logo komputer dan tidak bisa masuk ke sistem operasi kemungkinan kedua ini adalah terdapatnya kerusakan pada hardisk komputer anda, bisa saja ada masalah pada kabel ataupun dari dalamnya. Namun jika memang hardisk anda menjadi masalah dalam gagal booting ini biasanya sistem akan memberi tahu dengan tanda “Disk Boot Failure” pada layar monitor.

3. Adanya Masalah Pada Processor
Dalam menganalisis masalah pada komputer yang tidak bisa booting dari sisi lain bisa juga disebabkan oleh processor, karena processor merupakan perangkat yang sangat vital bagi komputer. Jenis masalah yang ditimbulkan dari processor ini biasanya sepertu overheating atau suhu dari processor terlalu panas dan bahkan mengalami kerusakan yang disebabkan kelistrikan yang seperti cara mematikan komputer yang tidak benar karena sumber listrik yang terputus secara tiba – tiba.

4. RAM mengalami Masalah
Random Access Memmory atau RAM merupakan salah satu perangkat keras yang mulai bekerja dari komputer karena proses booting ini juga memerlukan memori, oleh karena itu patut kita perhitungkan apakah indikasi RAM yang menjadi penyebab dari tidak bisa booting ini.

5. Errornya Sistem Operasi (Corrupt)
Sebenarnya kalaupun indikasi ini benar, biasanya sudah ada tanda dari sebelum mengalami tidak bisa booting ini, seperti ketika sudah masuk ke tampilan windows namun hanya menampilkan kursor saja dan proses masuk ke user login sangat lama adalah indikasi dari sistem operasi yang mengalami error atau courrupt.

CARA MENGATASI KOMPUTER ATAU LAPTOP TIDAK BISA BOOTING


Akhirnya kita sampai di pembahasan inti dari permasalahan yang sangat membingungkan anda dan saya juga ya! Apakah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi komputer atau laptop yang tidak bisa masuk ke sistem operasi atau yang dikenal dengan istilah ‘tidak bisa booting’ ini, tentunya saya akan memberikan jawaban solusi  dari indikasi penyebab yang ada di atas sebagai referensi anda untuk mengatasi masalah ini. Oke langsung saja apa solusinya?


1. Lakukan Reset BIOS

Melakukan reset ini sangat mudah, pada saat booting biasanya ada logo dari merek laptop atau komputer anda dan lihat di pojok kiri bawah, biasanya pada laptop akan terlihat shortkey masuk ke BIOS, silahkan ada masuk ke BIOS dan lakukan reset booting option, setelah melakukan reset BIOS laptop teman saya juga bisa kembali melakukan booting.
Atau jika anda menggunakan komputer anda bisa membuka CPU anda, namun jangan lupa untuk mematikan dan mencabut semua kabel power yang menancap, lalu cari kepingan bulat yang mirip koin yang tertanam dan cabut, kemudian anda ganti BIOS yang ada dengan yang baru, baru setelah anda ganti coba untuk menyalakan komputer anda lagi.

2. Tukar hardisk

Sebelum anda menukar hardisk dengan teman ada ada baiknya anda cek terlebih dahulu kabel dari hardisk anda apakah tertancap dengan benar, lalu coba lagi nyalakan komputer anda. Namun jika masih tidak bisa booting dan anda punya teman yang juga memiliki komputer atau laptop coba anda tukar terlebih dahulu hardisk anda dengan punya teman anda dan kemudian Cek apakah bisa masuk ke booting ketika menggunakan hardisk teman anda dan juga sebaliknya, cek hardisk anda apakah bisa digunakan di komputer teman anda.
Jika anda menggunakan hardisk teman anda bisa masuk booting namun komputer teman anda mencoba hardisk anda dan ternyata hasilnya tidak bisa booting maka fix hardisk anda harus diganti.

3. Bersihkan RAM

Berdasarkan pengalaman orang lain yang saya temui, indikasi komputer tidak bisa booting ini disebabkan oleh ram yang tidak berfungsi dengan baik, yang bisa disebabkan oleh kotornya pin dari ram ataupun slot yang kotor. Jadi yang harus anda lakukan adalah buka CPU dan juga bersihkan RAM dimulai dari ujung kaki PIN menggunakan penghapus ya. Lalu pasang kembali dan coba nyalakan komputer anda, biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah pada RAM yang berakibat pada tidak bisa booting ini.

4. Cek Kondisi Processor

Untuk solusi mengenai permasalahan processor ini sepertinya kita hanya bisa sebatas mengecek kondisinya saja, karena jika untuk mengetahui processor itu rusak atau tidak tentunya kita tidak tahu dan harus dilakukan oleh teknisi. Karena itu yang bisa kita lakukan hanya memastikan kondisi processor aman tetap dingin, karena salah satu masalah yang ditemuan pada processor ialah terjadinya ‘overheating’ yang kondisi dimana processor mengalami peningkatan suhu yang tidak wajar atau panas.
Disini kita bisa cek apakah headsink atau kipas pendingin processor berfungsi dengan benar dan angin tidak terhalang, ataupun coba anda lihat apakah pasta pendingin yang ada diatas processor sudah keering? Jika kering tambahkan lagi pasta pendinginnya. Selebihnya silahkan ada konsultasi ke teknisi jika terdapat kerusakan yang serius pada processor.

5. Install Ulang Sistem Operasi

Pada kondisi ini jika komputer tidak bisa booting memang dikarenakan gagalnya sistem operasi yang corrupt, solusi yang sangat efektif adalah dengan menginstal ulang sistem operasi pada komputer anda, dan biasanya setelah melakukan install ulang komputer atau laptop akan kembali normal dan bisa melakukan booting.

Baiklah, itulah beberapa penyebab dan juga sedikit solusi yang saya ketahui dan berdasarkan fakta di lapangan, artikel ini saya buat karena pengalaman pribadi teman saya yang mengalami masalah pada laptopnya yang tidak bisa booting, ya lebih jelasnya tidak bisa masuk ke sistem operasi user login nya lah.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila masih terdapat salah. Terimakasih semoga bermanfaat !

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post