Iklan Billboard 970x250

√5+ Cara Mengatasi Rotasi Otomatis Tidak Berfungsi (Berhasil !)

√5+ Cara Mengatasi Rotasi Otomatis Tidak Berfungsi (Berhasil !)

Poin Utama [Tampil]


ESAPRO - Auto rotate adalah salah satu fitur yang umum pada sebuah android dimana fungsinya sebagai penyesuai tampilan layar apakah landscape atau portrait sesuai dengan arah miring atau hadap suatu smartphone tersebut. umumnya autorotate ini digunakan pada saat memainkan sebuah game dalam handphone, memutar video  jadi bagaimana jika fungsi tersebut tidak berjalan dengan normal.


Bagaimana jika Android tidak bisa merotasi layar?


Pada dasarnya, fitur rotasi layar ini menggunakan sensor accelerometer untuk mengetahui gerakan tangan dan arah hadap dari sebuah smartphone yang dilakukan oleh pengguna saat membalikkan smartphone. Sensor ini pastinya akan terus bekerja meskipun kita tidak mengaktifkannya.

 Pada saat auto rotate Android tidak berfungsi, maka tampilan pun tidak akan berpindah dari mode portrait ke mode landscape sehingga menyulitkan kita untuk melakukan aktivitas pada smartphone anda.



Penyebab Auto Rotate Android Tidak Berfungsi

Penyebab Android tidak bisa merotasi layar tentunya bisa terjadi karena beberapa alasan. Salah satunya karena kita telah memasang custom ROM yang tidak kompatibel dengan spesifikasi smartphone kita, melakukan otoritas root sehingga mengakibatkan kerusakan pada sensor accelerometer ini sendiri. Lalu bagaimana cara memperbaiki Auto Rotate Android tidak berfungis ini?




Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

Jenis error yang bisa terjadi pun sangat bervariasi, diantaranya fitur auto rotate layar Android sering aktif sendiri atau pun sebaliknya ia tidak bisa diaktifkan.

 Jadi pada penjelasan ini kita tidak hanya akan membahas solusi mengatasi auto rotate Android tidak berfungsi saja, melainkan kemungkinan eror lain yang terjadi pun bisa diatasi.

 Pastikan Anda telah mengaktifkan rotasi layar dari pengaturan atau dari panel shortcut pada status bar.



1. Test Sensor Accelerometer.

accelerometer tidak berfungsi


Pada setiap merk HP apapun itu mulai dari Samsung galaxy, Lenovo, Xiaomi, Smartfren, Andromax, Oppo, ASUS, Sony Xperia, Lenovo, Vivo, Advan dan yang lainnya biasanya memiliki kode rahasia melalui keypad untuk menguji sensor accelerometer.

 Contohnya pada samsung galaxy menggunakan kode *#0#*, masuk ke menu Telepon lalu ketikan kode rahasia tersebut, selanjutnya tap tombol Sensor dan pilih accelerometer kemudian lihat apakah ada pergerakan atau tidak. Jika Accelerometer tidak berfungsi, anda harus waspada akan masalah ini.


2. Bersihkan Cache Smartphone.

Setelah anda selesai menguji sensor Accelerometer, selanjutnya adalah membersihkan cache atau file sampah yang telah terkumpul akibat dari history atau aktivitas yang dilakukan oleh anda pada smartphone anda.

Tujuannya adalah untuk membersihkan memory yang bisa saja menjadi salah satu penyebab  terjadinya Auto Rotation tidak berfungsi.


3.  Reboot Smartphone anda.

Setelah kedua cara di atas masih saja belum mempan, selanjutnya anda coba dulu untuk me reboot dengan cara matikan daya terlebih dahulu, lalu  lepas baterai, simcard dan memory card yang anda gunakan, setelah sema dilepaskan, diamkan terlebih dahulu selama beberapa detik, lalu pasang kembali baterai, simcard dan memmory card nya, silahkan anda hidupkan dan coba untuk menyalakan auto rotate nya. 




4. Gunakan Aplikasi.

Silahkan anada gunakan aplikasi Ultimate Rotation Control  yang bisa Anda gunakan untuk memaksa layar Android untuk berotasi ketika mengalami error.

Artinya, kita bisa memaksa smartphone untuk menampilkan rotasi secara otomastis atau bahkan memaksa hanya pada satu mode lanscape dan portrait. Anda bisa memasang aplikasi ini di Playstore.


5. Factory Reset / Flash

Cara terakhir untuk mengatasi auto rotate atau accelerometer Android tidak berfungsi adalah dengan melakukan factory reset.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan sistem dan pengaturan seperti saat Anda pertama kali baru membeli smartphone tersebut. Fungsi dari factory reset ini akan memperbaiki sensor accelerometer yang telah mengalami kerusakan sistem dan error agar kembali seperti baru keluar dari pabrik.

Dan jika setelah anda melakukan Factory reset tetap saja, masalahnya ada pada ROM yang anda gunakan, jadi solusinya anda harus mengganti ulang ROM smartphone anda ke versi yang kompatibel atau cocok.



Kesimpulannya, pastikan Anda mengaktifkan fitur auto rotate dan menguji sensor accelerometer
untuk mengetahui apakah ia masih bekerja atau tidak. Jika Ada telah menerapkan Cara Mengatasi
Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi diatas tetapi masih tetap tidak teratasi. Anda bisa
memperbaikinya ke service center terdekat.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

4 komentar

  1. Nah, ini yang gua demen.. asli manjur mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga rotasi otomatisnya normal lagi gan.

      Hapus
  2. Wah kayaknya hape saya harus direset ulang dh, sensor accelerometer udah ga berfungsi.... terimakasih min tutorialnya bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, semoga rotasi otomatisnya normal lagi gan :)

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post