Iklan Billboard 970x250

6 Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri dan Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri dan Penyebabnya

Poin Utama [Tampil]

ESAPRO - Menggunakan komputer merupakan salah satu penunjang guna membantu kebutuhan kita dalam pekerjaan sehari – hari  maupun hanya untuk sekedar bermain game saja, namun apa jadinya ketika kita sedang fokus dan asik menggunakan laptop atau komputer namun komputer atau laptop tersebut malah melakukan restart. Tentunya akan membuat kita kesal bukan?



Nah seperti itulah yang sering saya alami pada saat yang lalu, laptop saya sering sekali melakukan restart sendiri tanpa saya perintahkan bahkan saat saya sedang mengerjakan sesuatu laptop saya malah melakukan restart tanpa sebab, akhirnya saya bergegas mencari tahu apa sebabnya.



Oke sedikit tips dari saya bagaimana cara memperbaiki komputer atau laptop yang sering melakukan restart sendiri tanpa kita perintahkan, cara ini cukup efektif dalam mengatasi sering restart sendiri pada laptop saya, namun sebelum anda mencoba memperbaikinya lebih baik anda kenali terlebih dahulu apa penyebab dan cara memperbaiki dari komputer atau laptop sering restart sendiri berikut ini.



Penyebab Komputer / Laptop Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya




1.   Fitur Otomatis Restart


Pada sistem operasi Windows semua versi pasti ada fitur ini, inilah yang menjadi penyebab utama dari sering restartnya komputer kita dikarenakan setiap ada masalah atau crash pada sistem fitur ini akan selalu bekerja secara otomatis, namun anda bisa meng-nonaktifkan fitur ini berikut caranya :

  • Tekan logo Windows + R pada keyboard untuk masuk ke menu RUN atau anda bisa ketikan langsung “run” di menu Start.
  • Lalu ketikan “sysdm.cpl” kemudian tekan OK atau Enter.
  • Pasti muncul jendela System Properties, pilih tab “Advanced” dan pada menu “Startup and Recovery” pilih “Setting”
  • Setelah muncul jendela Startup and Recovery hilangkan centang pada pilihan “AutomaticallyRestart” setelah itu klik OK.






Tujuan dari aksi ini adalah mencegah komputer atau laptop anda melakukan Restart secara Otomatis pada saat terjadi masalah atau Crash pada sistem operasi anda,  namun ini saja tidak cukup karena jika komputer kita melakukan restart secara otomatis karena ada masalah pastinya kita harus mencari masalah tersebut secara rinci dan lakukan pengecekan kemungkinan masalah selanjutnya.



2.  Masalah pada Hardware


Laptop atau komputer yang sering sekali restart sendiri juga bisa saja menyangkut perangkat keras pada komponen komputer anda loh. Ini hardware yang harus kamu cek apakah rusak atau tidak.

  •  Processor
Seperti yang anda ketahui bahwa peranan processor pada setiap komputer sangat penting karena itulah sebagai otak dari komputer, apa masalah yang sering terjadi pada processor? Masalahnya ialah terlalu panas atau overheat pada processor yang bisa saja menjadi penyebab sering restartnya komputer anda, coba anda lakukan pembersihan pada headsink atau kipas barangkali terlalu banyak debu dan bersihkan, dan juga jangan lupa cek apakah pasta pendingin dari processor anda masih tebal? Jika sudah menipis tambahkan lagi pasta pendinginnya.


  •  RAM (Random Access Memmory)
Hardware yang satu ini juga tidak kalah penting peranannya dengan processor, namun bagaimana mengecek masalah yang terjadi pada RAM tersebut tidak bisa anda lakukan karena bukan seorang teknisi yang handal, cukup lakukan pembersihan pada RAM anda dengan copot terlebih dahulu dari slotnya dan bersihkan menggunakan penghapus, ingat jangan pakai air. Dan lakukan juga pembersihan pada socket nya juga, jika terdapat slot yang kosong setelah anda berishkan coba pindahkan saja RAM yang tadi ke slot yang sebelumnya tidak terpakai dan lihat saja hasilnya.



3.   Virus atau Malware


Salah satu program yang sangat berbahaya bagi komputer atau laptop anda adalah ini, virus atau malware bukan hanya dapat merusak atau menghambat kinerja komputer anda, dia juga bisa mengendalikan aktivitas dari komputer anda dan salahsatunya melakukan restart sendiri tanpa perintah dari pengguna, virus atau malware ini bisa saja menginfeksi komputer atau laptop anda pada saat mengakses situs dari internet yang secara bebas bertebaran, dan juga bisa melalui sharing data seperti ftp atau flashdrive.

Saya sarankan untuk menggunakan antivirus yang terbaik dan selalu mengupdate ke versi yang terbaru, lebih bagus lagi jika anda menggunakan antivirus online dan jangan lupa juga untuk melakukan scan terhadap ancaman virus secara berkala.


4.  Aplikasi Terlalu Berat


Faktor ini bisa menjadi penyebab utama dari restart sendiri karena jika komputer atau laptop anda menjalankan sebuah program aplikasi yang terlalu berat untuk sekelas spesifikasi laptop anda tentunya tidak akan dan mungkin terlalu memaksa kapasitas sehingga terjadi kesalahan pada sistem dan mengakibatkan restart secara otomatis. Sedikit saran dari saya, pantau selalu penggunaan RAM dan juga Processor pada saat menggunakan aplikasi yang berat dengan melihat Windows Task Manager bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows dengan cara klik 'Ctrl+Shift+Esc' secara bersamaan. Dan pada tab Processes lihat pengunaan CPU dan Memmory yang terpakai, barangkali ada yang sangat besar dan itu bisa menjadi faktor penyebab sering restart sendiri pada komputer atau laptop anda.



5.  Windows / Driver Update


Sebenarnya dari kasus seperti ini sangat jarang ditemui, namun jika dari keempat faktor diatas tidak ada efek atau hasil yang nihil mungkin hal sepele seperti ini menjadi opsi terakhir yang bisa anda coba, silahkan anda cek apakah driver atau windows anda minta untuk segera mengupdate pembaruan sistem yang terbaru. Anda bisa melihat di menu Windows Update atau Device Driver Update, jika memamg windows meminta anda untuk mengupdate segera lakukan pembaruan, rasakan setelah mengupdate pembaruan sistem apakah masih terjadi restart sendiri atau tidak.



6.  Install Ulang Sistem Operasi


Oke, jika  semua cara telah dilakukan dan jika anda masih ingin menggunakan komputer atau laptop anda jurus pamungkas yang paling terakhir adalah dengan menginstall ulang sistem operasi yang anda gunakan saat ini. Saran saya jika hendak melakukan install ulang jangan lupa untuk melakukan Backup terlebih dahulu agar semua data anda tidak terhapus, dan coba anda ganti versi sistem operasi dan jangan sama dari semula, misalkan saat sering terjadi restart anda menggunakan Windows 7 Ultimate, anda bisa memasang sistem operasi windows versi yang lain, windows 10 misalnya.





Baiklah dari keenam cara diatas semoga anda bisa segera mengatasi komputer atau laptop yang sering restart sendiri. Mungkin hanya itu sekedar tips dari saya, namun jika anda belum bisa memperbaiki komputer atau laptop yang sering restart sendiri ini jangan khawatir, masih banyak teknisi diluar sana. Terimakasih semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post